Untuk perjalanan kali ini kami akan melakukan penerbangan
dari Bandara Soekarno Hatta ke Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar kemudian
dilanjutkan perjalanan darat sekitar kurang lebih 8 jam. Sebenarnya ada pilihan pesawat
untuk mencapai lokasi, tapi menurut informasi pesawat hanya memiliki jadwal 3x
seminggu. Dan rasanya bukan hal yang buruk mencoba menikmati perjalanan selama
8 jam tersebut. Errr, What ? 8 hours ?!?! Oh well, ketika perjalanan dinas sebelumnya ke
Samarinda, saya mengalami awkward situation selama perjalanan udara dan darat dari Balikpapan ke Samarinda
dengan babeh boss, belum lagi perjalanan pulangnya. Padahal total perjalanan berangkat hanya kurang lebih 5 jam. Nah ini, 8 jam perjalanan !!! Tolong baim ya Allah….
Untunglah perjalanan kali ini saya tidak hanya berdua dengan
babeh boss, tetapi berempat dengan nasabah. Ya syukurlah awkward moment dapat teratasi dengan nasabah kami yang juga laki-laki ini. Hahaha. Awkward situation perjalanan dinas Samarinda terjadi karena lamanya perjalanan udara dan darat yang membuat saya dan babeh boss memiliki waktu “terlalu banyak” untuk mengobrol. Tidak mungkin kan dalam tempo selama itu kami hanya
menceritakan tentang pekerjaan, maka sampailah pada moment-moment
dimana kami terpaksa menceritakan cerita pribadi termasuk cinta pertama babeh boss. Menceritakan cerita cinta dengan babeh boss dan cuma berdua itu rasanya aneh banget. Hmmm…. awkward moment banget ya. Hahaha.
Tongkonan di area taman hotel |

lobby hotel |
lobby hotel |
***
"Bagai kerbau dicocok hidungnya" |
Tongkonan di Kete Kesu |
Keesokan harinya kami bersiap menuju Enrekang (yang merupakan
lokasi project) sekalian check out dari hotel. Pada saat sarapan pagi kami
menemukan beberapa turis asing sedang sarapan juga. Duh, suasana pagi di Tana
Toraja teduh sekali. Rasa-rasanya tempat ini cocok sekali untuk honeymoon.
Sayang sekali saya datang kesini untuk urusan kerjaan. Hahaha. Berita
gembiranya, kebetulan sekali tidak jauh dari hotel tempat kami menginap terdapat
tempat wisata yang terkenal di Tana Toraja, yaitu Kete Kesu. Akhirnya di dalam perjalanan menuju Enrekang,
kami pun mampir sebentar ke Kete Kesu.
Tempat mayat disemayamkan sebelum dibawa ke gua |
Bagian lain dari pemakaman adalah penyembelihan kerbau. Semakin
berkuasa seseorang maka semakin banyak kerbau yang disembelih. Penyembelihan
dilakukan dengan menggunakan golok. Bangkai kerbau, termasuk kepalanya,
dijajarkan di padang ,
menunggu pemiliknya, yang sedang dalam "masa tertidur". Suku Toraja
percaya bahwa arwah membutuhkan kerbau untuk melakukan perjalanannya dan akan
lebih cepat sampai di Puya jika ada banyak kerbau.
Penyembelihan puluhan kerbau dan ratusan babi merupakan puncak upacara
pemakaman yang diringi musik dan tarian para pemuda yang menangkap darah yang
muncrat dengan bambu panjang. Sebagian daging tersebut diberikan kepada para
tamu dan dicatat karena hal itu akan dianggap sebagai utang pada keluarga
almarhum.
Patene, tempat jenazah yang tidak ditaruh di tebing |
Peti mati yang berusia ratusan tahun yang memuat satu
keluarga besar disebut erong. Bentuk erong laki-laki dan perempuan pun
dibedakan. Erong berkepala babi dibuat sebagai penanda peti perempuan. Karena
di Toraja, babi dipelihara oleh perempuan. Sedangkan, erong berkepala kerbau
menujukan peti untuk laki-laki.
Sumber referensi:
- https://id.wikipedia.org
- https://andihardianti.wordpress.com
***
![]() |
Sejauh mata memandang hanya ada bukit dan jalan |
Setelah mengunjungi Kete Kesu kami pun segera bergegas ke lokasi project. Lokasi project terletak di kabupaten Enrekang, yaitu di selatan kabupaten Tana Toraja dan semakin dekat ke arah Makassar. Project yang ingin kami lihat adalah lokasi yang sudah dipasangi fiber optik yang memanfaatkan jaringan PLN. Kebayang kan seberapa tingginya tower PLN. Dan tidak disangka lokasi yang dimaksud berada di puncak bukit yang tingginya ribuan kaki.
![]() |
Nasabah dan babeh boss "ngaso" alias istirahat dulu |
Awalnya si nasabah ragu-ragu apakah saya perlu untuk ikut naik ke atas atau tidak. Mungkin kasihan karena saya perempuan, namun saya yakin saya bisa. Toh, sudah pakai sepatu kets juga. Tapi melihat tower di ujung atas sana ternyata sama seperti melihat bintang, nampak dekat di mata tapi jauh di kaki. Setelah mendaki sekian ratus meter, tower itu masih saja nampak jauh. dan semakin dekat kami ke puncak, medannya semakin terjal dan curam, bahkan tidak ada jalur untuk mendaki. Kebayang gimana rasanya jadi si tukang pasang kabel......
Mobil kami ada di ujung sanaa...dan gambar ini diambil di separuh ketinggian. Kebayang kan seberapa tingginya kami mendaki |
Di saat saya sedang semangat-semangatnya untuk terus mendaki setelah ketinggian ribuan kaki saya lewati (lebay :P), tiba-tiba nasabah memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan sampai ke puncak. Memang terlihat bahwa medan semakin curam dan tidak bersahabat. Bahkan kami semakin tidak menemukan jalan untuk naik. Entah bagaimana caranya orang diujung sana untuk naik. Orang di ujung puncak juga menyarankan kami untuk tidak meneruskan perjalanan.
Pe er terberat adalah menuruni bukit. Medan yang curam dan tidak ada pohon di sekitar, menyulitkan kami untuk turun dengan posisi berdiri. Jika kami tidak bisa menjaga keseimbangan badan kami, kami bisa menggelundung ke bawah dan wassalam. Bahkan di beberapa titik saya sempat membayangkan wajah orangtua saya. Duh, kalau jatuh disini bagaimana. Mungkin nasabah kami juga melihat risiko kami jatuh jika menuruni puncak bukit dengan cara konvensional. Dia pun menemukan cara lain untuk turun, yaitu merosot !!! Memang ini cara yang kurang elegan, duh, mana bokong jadi kotor semua, tapi apa daya, daripada tewas di Enrekang. Hahaha. Untung saja saya tidak pakai celana jeans.
Di medan yang tidak terlalu curam kami beristirahat. Kebetulan terdapat pohon kelapa yang berbuah di dekat kami beristirahat. Tidak jauh dari lokasi juga ada anak buah nasabah yang tadi ada di puncak bukit. Kami pun minta ditebangkan beberapa buah kelapa untuk kemudian kami minum. Hahaha. Berasa lagi piknik.
***
![]() |
Dengan latar belakang Gunung Nona |
![]() |
Candid camera HP babeh boss |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar